PERBEDAAN APLIKASI 3Ds MAX DENGAN
BLENDER
Disini
saya mencoba membandingkan aplikasi atau perangkat lunak grafik antara blender
dengan 3Ds Max, dimana dalam hal ini saya berpikir untuk menggunakan aplikasi
blender untuk membuat sebuah animasi atau gambar 3 dimensi dikarenakan
perbedaan dari aplikasi yang saya bandingkan. Dibawah ini sudah terdapat
beberapa alasan mengapa saya memilih aplikasi blender untuk membuat animasinya,
sebenarnya perangkat lunak 3Ds Max lebih gampang dipakai apalagi untuk pemula tetapi
masih banyak kelemahan dari perangkat lunak maka daripada itu saya lebih
memilih blender karena spesifikasinya lebih bagus.
3DsMAX
1. Sejarah
3D Max
3D
Studio Max ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment yang dikenal sebagai
Discreet and Kinetix. Aplikasi ini dikembangkan pendahulunya 3D Studio fo DOS,
tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi
terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah
7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini
telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
2. Definisi
3DS
Max adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, yang
fungsinya digunakan untuk penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan
mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak. Untuk menjalankan
aplikasi ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi agar mendapat
kenyamanan saat menggunakannya. Karena banyak proses yang membutuhkan grafik
yang tinggi untuk melakukan rendering dan sebagainya. Software ini banyak
sekali digunakan di berbagai bidang seperti arsitektur, desain produk, desain
grafis, broadcast, interior dan juga film.
a. Interface
·
Menu
·
Tool Reactor
·
Command Panel
·
Viewport
·
Main toolbar
b. Metode
Pemodelan
Pada 3d max terdapat 5
metode pemodelan dasar, yaitu:
·
Pemodelan dengan primitif
·
NURMS(subdivision surfaces)
·
Surface tool
·
NURBS
·
Pemodelan polygon
3. Kelebihan
dan Kekurangan
a. Kelebihan
· 3ds Max Studio merupakan salah satu
software 3 dimensi, kemampuan software ini dalam mengolah proses modeling,
animasi dan special effect 3 dimensi yang sangat baik dan mudah digunakan.
· Banyak sekali fitur professional untuk
pemodelan, animasi, simulasi, dll yang sangat berperan penting dalam dunia
entertainment dan per-film-an
·
Pembuatan animasi objek yang sangat
mudah
· Sangat mendukung pemodelan tingkat
professional (editable poly, editable mesh, editable spline, editable patch
dengan vertex, face, element, dll)
· Terdapat simulasi alam seperti simulasi
angin, air, api, gravitasi, kain, dll yang bisa diexplorasi di bagian reactor.
· Mudahnya merender dengan hasil cukup
memuaskan (tanpa plugin tambahan seperti vray) seperti dengan menggunakan mode
matahari skylight dan light tracer pada bagian render tab advanced lighting.
· Mendukung script 3dsmax (MAX SCRIPT) yang
berekstensi ms, mscr, txt, dat, dll.
· Mampu membuat objek Virtual secara 3
dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
· Mampu memberikan kesan material
mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
·
Mampu memberikan efek-efek khusus pada
hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api,
kabut dan lighting.
· Dapat menjalankan proses animasi, gambar
dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.
b. Kekurangan
:
Kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera.
Kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera.
3D Studio max
mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi
memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan
Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks
adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat
sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk
memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas
benda kecil dalam program ini.
Contoh
BLENDER
1. Definisi
Blender
adalah perangkat lunak open source untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan
populer di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3
dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Di
Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic
bricks. Dan ada juga Cycles render.
2. Sejarah
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan
yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang
pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu
perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab
sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software
internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada
akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi
untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton
mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan
memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah
software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan
oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan
pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih
kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher.
Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang
rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN
ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu
begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama
Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan
dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender
dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.
a. Interface
·
Editor
·
Region
·
Panel
·
Control
·
Header
·
Context Buttons
3. Kelebihan
dan kekurangan Blender
a. Kelebihan
·
Kelebihan yang dimiliki Blender adalah
dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender
sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa
pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.
·
Open Source
Blender merupakan salah
satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya
untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General
Public License yang digunakan Blender.
·
Multi Platform
Karena sifatnya yang
open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti
Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi
Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
·
Ringan
Blender relatif ringan
jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk
menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran
dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa
digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih
lambat.
·
Komunitas Terbuka
Tidak perlu membayar
untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari
yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari
siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara
terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender
Institute.
·
Sculpting mudah tanpa 3rd party.
·
Bisa bikin game.
·
Bisa video editing.
·
Kekurangan Blender :
·
GUI yang tidak ramah.
·
Tidak ada plugin-plugin.
·
Tidak ada biped.
b. Kekurangan
:
Adapun kekurangan pada Blender, untuk penguasaannya sangat membuntuhkan waktu lama karena memang agak sulit dipahami terutama pada GUI nya.
Adapun kekurangan pada Blender, untuk penguasaannya sangat membuntuhkan waktu lama karena memang agak sulit dipahami terutama pada GUI nya.
Contoh
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/3D_Studio_Max
http://id.wikipedia.org/wiki/Blender_%28perangkat_lunak%29
http://sadrammedia.blogspot.com/2013/05/materi-dasar-3ds-max-smk.html
http://wiki.blender.org/index.php/Doc:ID/2.6/Manual/Interface
http://id.wikipedia.org/wiki/Blender_%28perangkat_lunak%29
http://sadrammedia.blogspot.com/2013/05/materi-dasar-3ds-max-smk.html
http://wiki.blender.org/index.php/Doc:ID/2.6/Manual/Interface
Tidak ada komentar:
Posting Komentar