Breaking

Selasa, 24 Oktober 2017

Setelah Sidang PI, Apa tahap selanjutnya??

Haiiii sobat,

Postingan ini dikhususkan untuk mahasiswa/mahasiswi Universitas Gunadarma  jurusan teknik informatika yang akan menghadapi sidang dan setelah  menghadapi sidang Penulisan Ilmiah.
Kemungkinan tidak terlalu berbeda dengan jurusan lain sih karena ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri.

SEBELUM SIDANG PENULISAN ILMIAH

Hal yang harus dipersiapkan sebelum sidang :

1. Pastikan semua berkas telah dipersiapkan sebelumnya berkas-berkas yang harus dipersiapkan yaitu :
    - Surat persetujuan dari dosen pembimbing (ACC - pastikan jangan sampai hilang)
    - Lembar nilai dari dosen pembimbing
    - Lembar isian untuk sertifikat
    - Fotokopi blangko semester (semester berapa PI berlangsung)
    - Fotokopi KRS semester ( semester berapa PI berlangsung)
    - Pas Photo hitam putih 4 x 6 (2 lembar, memakai baju kemeja putih, celana/rok bahan hitam dan          print hitam putih) .

dan diserahkan ke loket 9 di kampus D gedung 4,  selanjutnya akan diberikan kertas acc yang berisi jadwal sidang (jangan sampai hilang karena digunakan untuk pengambilan sertifikat).
Selanjutnya, persiapkan 3 eksemplar softcover Penulisan Ilmiah yang telah dibuat sebelumnya (jika perlu persiapkan 4 eksemplar) dan PPT dalam bentuk transparansi (nantinya persentasi menggunakan OHP) untuk dibawa sidang.

SETELAH SIDANG PENULISAN ILMIAH

Setelah sidang PI ada perbedaan bagi setiap mahasiswa yaitu perbedaan pertama Mahasiswa yang setelah sidang revisi, dan yang kedua mahasiswa yang setelah sidang tidak revisi.

  1. Mahasiswa yang revisi setelah sidang
    • Dosen penguji akan memberikan selembaran yang berisi revisi, lu harus revisi semua permintaan dari dosen penguji (baik itu revisi aplikasi maupun penulisan).
    • Diselembaran tersebut akan berisi no hp penguji dan tanggal maksimal untuk revisi. (revisi jangan diabaikan dan harus secepatnya diselesaikan).
    • Bertemu dosen penguji dengan membawa kertas revisi (jika sudah sesuai dengan yang diminta penguji maka kertas revisi lu akan ditandatangani) dan membawa revisi yang telah lu selesaikan. 
    • Langkah selanjutnya, lihat pada no 2 dibawah ini.
     2. Mahasiswa yang tidak revisi setelah sidang
    • Hardcover - pastikan lembar pengesahan ada 3 tanda tangan yang harus dipenuhi.
    • Upload PPT sidang - masuk kedalam studentsite - pilih perpustakaan - upload penulisan ilmiah - upload penulisan anda. Lengkapi data-data berikut.
      1. Dimensi : contoh: ix + 71 + Lampiran (ada di Abstrak)
      2. Subyek Penulisan : (kata kunci di Abstrak)
      3. Nomor Induk : (kosongkan)
      4. Nomor Panggil : (kosongkan)
      5. Tanggal Pelaksanaan Sidang : (tanggal sidang berlangsung)
      6. Tanggal Penyerahan Berkas : (tanggal upload penulisan)
      7. Jenis Penulisan : Slide Presentasi Sidang
      8. Lokasi Penyerahan : Kampus D
      9. Upload file presentasi dalam bentuk PDF
      10. Klik Definisikan Dokumen - pilih jenis dokumen berupa Dokumen Presentasi. 
      11. Jika upload selesai, klik Cetak Bukti Presentasi berupa selembar kertas dengan 3 buah barcode. 
      12. Print (jangan digunting) kemudian bawa ke loket perpus di kampus D gedung 3 (dekat loket UM dan bank DKI) untuk diverifikasi dan dicap oleh petugas.



    • TTD 1 :  Dosen Pembimbing (penuhi kemauan dosen pembimbing maka akan mendapatkan TTD)
    • TTD 2 : Koordinator PI (bu Meilani) Siapkan hardcover yang telah di TTD dosen pembimbing, kertas barcode yang sudah dicap sebelumnya (lihat langkah no 11 & 12), dan kertas revisi (di loket 9 atau di D41). 
    • CD porject (persiapkan CD yang berisi semua file penulisan (ekstensi .doc) dan folder aplikasi yang telah dibuat. Beri label sesuai dengan ketentuan yang ada kemudian tempatkan di casing berbahan mika.
    • TTD 3 : Ketua Jurusan (pak Adang)
       Persiapkan hardcover, bawa CD Project yang sudah diberi label sebelumnya, dan fotokopi sertifikat workshop 1 buah dan sertifikat kursus 1 buah. Serahkan semua berkas  ke ruang D421, pilih meja teknik informatika bertemu dengan bu Hurna (atau staff nya).
    • Upload Penulisan Ilmiah (.pdf) : Langkah yang harus dilakukan sama dengan upload PPT, perbedaannya terdapat pada jenis penulisan menjadi penulisan ilmiah jenjang setara sarjana muda. Upload file dalam bentuk PDF, kemudian klik Definisikan Dokumen, pilih jenis dokumen yang sesuai.
Notes : Pastikan lembar pengesahan yang sudah di TTD oleh ketiga pihak tersebut discan dan diupload sebagai lembar pengesahan.



    •  Setelah semuanya diupload, bawa kembali hardcover ke loket perpus yang berada di kampus D gedung 3 depan bank DKI untuk diverifikasi dan dicap oleh petugas loket. Petugas loket perpustakaan akan memberikan blangko untuk dibayar di bank DKI.
    • Pastikan berkas (hardcover, blangko yang sudah terbayar, dan potongan kertas ACC) dibawa kembali ke loket perpustakaan. 
    • Sertifikat Setara Sarjana Muda akan keluar setelah beberapa hari kemudian (tergantung lama prosesnya)

 
Demikianlah pengurusan sebelum dan setelah sidang Penulisan Ilmiah, Jika informasi ini sangat membantu ucapkan terimakasih pada kolom komentar. Terimakasih sudah mengunjungi blog gue.
hehehehhehehhe.













4 komentar:

Uki Baihaqi mengatakan...

Yang di Upload model Slide Presentasi itu, Template backgroundnya itu yg Template Gunadarma/ Slide PPT background biasa?

Abyan Z mengatakan...

template gunadarma

Gundar mengatakan...

bang mau tanya, PI dinyatakan udah selesai untuk dapet SK itu, apakah cukup udah selesai sidang = dianggap selesai, atau musti upload file dulu baru dinyatakan selesai dan dapet SK? terimakasih.

Gundar mengatakan...

bang mau tanya, PI dinyatakan udah selesai untuk dapet SK itu, apakah cukup udah selesai sidang = dianggap selesai, atau musti upload file dulu baru dinyatakan selesai dan dapet SK? terimakasih.