METAMORFOSIS KUPU-KUPU
DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH
PENDAHULUAN
Metamorfosis
kupu-kupu merupakan suatu proses perkembangan perubahan penampilan fisik atau
struktur setelah kelahiran atau penetasan pada kupu-kupu. Disini kami membuat
perancangan animasi 2D dari Adobe Flash, animasi ini dapat dimainkan yang
kompitibel dengan video. Dan animasi ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS3
Profesional.
Tujuan
dibuatnya animasi ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada anak-anak yang
belum mengetahui tentang proses metamorfosis (perubahan) pada kupu-kupu serta
membuat anak-anak lebih senang dan penasaran dengan animasi tersebut. Animasi
ini juga memiliki tujuan hiburan bagi para pecinta pembuat animasi agar mereka
mengetahui betapa mudahnya pembuatan animasi ini.
Pembuatan
animasi ini menggunakan teknik perancangan gambar pada adobe flash, pengaturan
timer pada adobe flash, pewarnaan pada adobe flash, pembuatan animasi dan
penataan cahaya.
PEMBAHASAN
1. Desain
Pemodelan Grafik
Desain
Grafis merupakan karya kreatif dalam banyak media, seperti media cetak, media
digital, film, animasi, desain produk, pengepakan, dan tanda-tanda informasi.
Pemodelan Grafik adalah ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan
obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif
lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di
tahapan awal untuk pembuatan, penyimpanan, dan manipulasi model dan citra.
2. Adobe
Flash CS3 Profesional
Adobe
Flash CS3 Professional, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi
berbasis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software
ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet
(online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi atau
aplikasi yang bukan berbasis internet (offline). Dengan Actionscript 3.0 yang
dibawanya, Adobe Flash CS3 Professional dapat digunakan untuk mengembangkan
game atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi. Penggunaan
Adobe Flash CS3 Professional untuk animasi atau pembuatan bahan ajar
interaktiftidaklah sulit, tool-tool yang tersedia cukup mudah digunakan,
beberapa template dan component juga sudah disediakan dan siap digunakan.
3.
Perancangan dan Implementasi
Ø Gambar
dibawah ini merupakan tampilan awal dari Adobe Flash CS3 Professional
Ø Pembuatan
background dapat dilakukan dengan cara memasukkan gambar yang telah ada dengan
cara insert picture. Maka akan terlihat seperti dibawah ini.
Ø Pembuatan
layer baru untuk perancangan gambar ulat dengan menggunakan oval tool pada
toolbox. Untuk pembuatan badan pada ulat dilakukan dengan penambahan layer baru
sesuai yang dengan kebutuhan. Dan dilakukan dengan cara yang sama seperti
awalnya. Maka akan tampak seperti dibawah. Jika ingin mengubah ukuran dari
objeknya gunakan free transform tool yang terdapat pada toolbox.
Ø
Untuk pembuatan telur sama seperti pembuatan ulat, menggunakan oval tool.
Buat hingga menyerupai telur seperti dibawah ini
Ø Pembuatan
objek yang lain seperti objek matahari, pohon, kupu-kupu, kepompong, dapat
dilakukan dengan cara yang telah dilakukan diatas. Jika sudah maka akan tampak
seperti gambar dibawah ini.
Ø Untuk
membuat animasi atur waktunya pada timeline,
Ø Klik kanan pada
timeline lalu Insert Keyframe untuk menambah frame, untuk membuat gerakan dari
objek lebih halus pilih create motion tween.
PENUTUP
Adobe
Flash CS3 Professional dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar
seperti kuis atau simulasi. Penggunaan Adobe
Flash CS3 Professional untuk animasi atau pembuatan bahan ajar interaktif tidaklah
sulit, tool-tool yang tersedia cukup mudah digunakan, beberapa template dan
component juga sudah disediakan dan siap digunakan.
Animasi
ini masih belum menggunakan efek, dan belum diberikan audio untuk menembah
nilai estetis dari animasi ini. Dan batas waktu yang masih sederhana, belum
mencapai maksimal prosesnya.
DAFTAR PUSTAKA
http://youtube.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar