Breaking

Rabu, 13 Mei 2015

Analisis dan Komparasi antara Universitas Jayabaya dan Universitaas Al azhar Indonesia menggunakan metodologi Webometric

ANALISIS DAN KOMPARASI (PERBANDINGAN) ANTAR UNIVERSITAS JAYABAYA DENGAN UNIVERSITAS AL AZHAR INDONESIA MENGGUNAKAN METODOLOGI WEBOMETRIC


METODOLOGI
  1.  VISIBILITY  (50%)
    Impact : Jumlah link eksternal yang diterima oleh domain resmi perguruan tinggi dari situs lain. Untuk meminimalisir kesalahan dan data bisa terkoreksi dengan benar, maka Webometric mengumpulkan data jumlah link tersebut dari 2 situs yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Indikator hasilnya adalah penjumlahan jumlah external inlink dengan jumlah domain yang menghasilkan external inlink tersebut, kemudian dimasukkan dalam akar pangkat dua
  2. ACTIVITY (50%)
2.1.    Presence
Jumlah halaman situs domain perguruan tinggi yang dapat dicari oleh mesin pencari Google, baik halaman situs yang bersifat statis maupun dinamis. Jumlah ini mewakili halaman situs perguruan tinggi yang aktif dan diperbarui.
2.2.    Openness
Openness (1/3), merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Termasuk jumlah file penelitian dengan format tertentu (*pdf, *doc, *ppt, *ps) yang online/open di bawah domain website universitas dan terindeks dalam Google Scholar dan diterbitkan dalam kurun waktu mulai 2008 hingga sekarang. Jumlah file ini nantinya yang akan mewakili usaha perguruan tinggi dalam mendukung publikasi hasil penelitian dalam repository. 
2.3.    Excellence
Jumlah paper akademik berkualitas, yang dipublikasikan dalam jurnal yang memiliki reputasi internasional. Webometric mengambil data tersebut dari Scimago grup, yang menyediakan data yang tidak kosong untuk 5200 institusi perguruan tinggi. Untuk memperoleh jumlah paper yang berkualitas tersebut, Webometric mengeluarkan indikator penilaian yaitu 10% dari jumlah paper yang paling banyak disitasi.
http://www.webometrics.info).
ANALISIS DAN KOMPARASI

Setelah mengetahui metodologi/ kategori penilaian dari Webometric sekarang melakukan analisis dan perbandingan antar kedua universitas yang telah yang telah tertera diatas.
Webometrics mengumpulkan data jumlah link salah satunya menggunakan atau melalui Majestic SEO, dibawah ini sudah terdapat data dan grafik dari suatu web universitas Jayabaya dan universitas Al azhar Indonesia yang dikumpulkan melalui Majestic SEO. Dengan melihat semua data maka akan mengetahui perbedaan antara kedua universitas tersebut.

  1. Universitas Jayabaya
    Tampilan web Universitas Jayabaya
          Dibawah ini adalah gambar peringkat ( ranking ) universitas Jayabaya melalui Webometric
       Webometrics mengumpulkan data jumlah link salah satunya melalui Majestic SEO,
        nah dibawah ini sudah terdapat data dan grafik dari suatu web universitas Jayabaya
       yang dikumpulkan melalui Majestic SEO.
Impact
Presence
Openess
2.  Universitas Al azhar Indonesia
     Tampilan web Universitas Al azhar Indonesia
       Dibawah ini adalah gambar peringkat ( ranking ) universitas Al azhar Indonesia melalui Webometric 
       Webometrics mengumpulkan data jumlah link salah satunya melalui Majestic SEO,
        nah dibawah ini sudah terdapat data dan grafik dari suatu web universitas Jayabaya
        yang dikumpulkan melalui Majestic SEO.
     
Impact
 Presence
Openess

Kesimpulan
      Dari analisis dan perbandingan diatas kita sudah dapat melihat apa sebenarnya kesimpulannya. Kesimpulannya adalah Universitas Al azhar Indonesia lebih tinggi peringkatnya daripada Universitas Jayabaya dengan ranking Al azhar Indonesia yaitu 95 dari 400 universitas di Indonesia sedangkan Universitas Jayabay dengan ranking 239 dari 400 Universitas di Indonesia pada Tahun 2015.
          Sesuai dengan metodologi yang kita gunakan, kita dapat juga melihat dari mesin pencari Universitas mana yang lebih banyak atau lebih cepat pencariaannya. Universitas Jayabaya hanya mendapat Presence sekitar 1220 hasil (0,28 detik) dan Openess 5 hasil (0,25 detik) sedangkan pada Universitas Al azhar Indonesia mendapat Presence sekitar 9530 hasil (0,24 detik) dan Openess sekitar 127 hasil (0,29 detik). Kesimpulannya Universitas Al azhar Indonesia lebih baik daripada Jayabaya dengan melihat semua hasil yang telah diteliti atau dicari.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun penjelasan artikel ini. Kritik dan Saran ditunggu yahhh.
http://www.webometrics.info).



Tidak ada komentar: