Breaking

Senin, 13 April 2015

Penilaian Suatu Website dengan Webometrics


PENILAIAN DAN METODOLOGI SUATU WEBSITE DENGAN WEBOMETRICS

Website merupakan salah satu produk teknologi informasi yang sangat populer tapi beberapa website yang ada tidak sepenuhnya berkualitas bagus sehingga tidak dapat menyampaikan informasi dengan baik. Sebuah website boleh dikatakan berkualitas tergantung pada pengawasan dan pengujian suatu website itu sendiri.
Untuk dapat mengavaluasi suatu website bisa menggunakan beberapa parameter. Dibawah ini ada beberapa parameter yang sangat sering digunakan untuk menilai suatu website diantaranya Accesibility, Readibility, Speed,Content, dan Technology. Penjelasannya akan dibahas dibawah ini:
  1. Accesibility
    Dari kata tersebut kita sudah mengerti apa maksudnya yaitu akses. Nah, kita lihat seberapa baikkah sebuah website dalam segi aspek aksesnya dan seperti apa website itu sudah dapat diakses menggunakan teknologi yang canggih seperti ponsel atau semacamnya.
  2. Readibility
    Bagian ini akan menjelaskan situs yang kita tampilkan apakah nyaman dan dapat dimengerti oleh pembaca. 
  3. Speed
    Ini menjelaskan kecepatan tampilnya suatu situs, kebanyakan pengakses malas menunggu dan akan menutup browser. Jika loading timenya semakin cepat maka akan semakin baik. 
  4. Content
    Dari ketiga parameter penilaian diatas bagian ini adalah bagian yang terpenting karena pengakses pasti sangat ingin melihat konten dari isi website apakah menarik, nyaman, dan sesuai yang diinginkan oleh pengakses. 
  5. Technology
    Bagian ini menjelaskan aplikasi apa saja yang digunakan dalam pengembangan suatu website serta seberapa baik desain itu dibangun.
Biasanya dalam penilaian suatu web dilakukan oleh lembaga pemeringkatan tapi kita sendiri juga dapat menilai suatu web dengan menggunakan tools atau mesin pemeringkatan suatu website. Sekarang sudah banyak pemeringkat sebuah web contohnya sitebeam, webometric, 4icu, tesca, dan lain sebagainya.
Sekarang kita akan membahas salah satu pemeringkat sebuah web yaitu WEBOMETRIC.
Webometric adalah salah satu situs pemeringkat perguruan tinggi seluruh dunia, yang didalamnya merupakan rintisan dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang masih merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas, lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Hasil pemeringkatan tersebut akan dirilis Webometric dalam 2 periode yaitu pada bulan Januari dan Juli.

METODOLOGI

  1. VISIBILITY  (50%)
    Impact : Jumlah link eksternal yang diterima oleh domain resmi perguruan tinggi dari situs lain. Untuk meminimalisir kesalahan dan data bisa terkoreksi dengan benar, maka Webometric mengumpulkan data jumlah link tersebut dari 2 situs yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Indikator hasilnya adalah penjumlahan jumlah external inlink dengan jumlah domain yang menghasilkan external inlink tersebut, kemudian dimasukkan dalam akar pangkat dua 
  2. ACTIVITY (50%)
    2.1.    Presence
    Jumlah halaman situs domain perguruan tinggi yang dapat dicari oleh mesin pencari Google, baik halaman situs yang bersifat statis maupun dinamis. Jumlah ini mewakili halaman situs perguruan tinggi yang aktif dan diperbarui.
    2.2.    Openness
    Openness (1/3), merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Termasuk jumlah file penelitian dengan format tertentu (*pdf, *doc, *ppt, *ps) yang online/open di bawah domain website universitas dan terindeks dalam Google Scholar dan diterbitkan dalam kurun waktu mulai 2008 hingga sekarang. Jumlah file ini nantinya yang akan mewakili usaha perguruan tinggi dalam mendukung publikasi hasil penelitian dalam repository. 
    2.3.    Excellence
    Jumlah paper akademik berkualitas, yang dipublikasikan dalam jurnal yang memiliki reputasi internasional. Webometric mengambil data tersebut dari Scimago grup, yang menyediakan data yang tidak kosong untuk 5200 institusi perguruan tinggi. Untuk memperoleh jumlah paper yang berkualitas tersebut, Webometric mengeluarkan indikator penilaian yaitu 10% dari jumlah paper yang paling banyak disitasi.
    Setelah mengetahui metodologi diatas, sekarang kita lihat Hasil ranking Webometric dari perguruan tinggi yang terindex per 13 April 2015, Website Gunadarma tahun ini telah masuk dalam ranking 11 dari 400 Universitas di Indonesia, 1515 dari 8902 di Asia (http://www.webometrics.info).

Webometrics mengumpulkan data jumlah link salah satunya melalui Majestic SEO, nah dibawah ini sudah terdapat data dan grafik dari suatu web universitas Gunadarma yang dikumpulkan melalui Majestic SEO.
  1. Impact 
 2. Precense
                         3. Openess
                       4.  Excelence


Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, kurang lebihnya saya minta maaf
http://www.webometrics.info/






1 komentar:

lachellquesinberry mengatakan...

Harrah's Resort Atlantic City - JTM Hub
Find out more about the Harrah's Resort Atlantic 광주 출장마사지 City 평택 출장안마 including 청주 출장마사지 venue 의왕 출장샵 info & opening hours. Find details of the property including 진주 출장샵 address, telephone number,