Breaking

Minggu, 15 Maret 2015

Pengalaman Pertama Menggunakan Internet

Nama     : Nurcahaya Sinaga
NPM     : 56413643
Kelas     : 2IA04
Pengalaman Pertama Menggunakan Internet
        Pengalaman pertama saya mengenal internet sejak menduduki Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan pelajaran Tekhnologi Informasi dan Komunikasi. Seorang guru TIK saya memperkenalkan apa itu internet dan apa saja kegunaan dari internet. Interconnected Network (internet) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer didunia. Saya semakin penasaran dan ingin mencoba memakai internet.
         Pertama sekali saya menggunakan internet sepulang sekolah di sebuah warnet dekat sekolah dikarenakan saya mendapat tugas dari guru dan harus mencarinya diinternet. Tugas yang diberikan guru saya adalah apa kegunaan internet, apa dampak internet bagi manusia, dan lain sebagainya. Saya mulai membuka salah satu aplikasi browser dikomputer yaitu mozzila kemudian langsung muncul tampilan mesin pencarian Google dan saya mengetikkan tugas yang diberikan oleh guru. Setelah mengetikkan maka muncul banyak pilihan yang diberikan kemudian saya membuka satu persatu, dan mendapatkan tugas sesuai yang saya inginkan. Kemudian saya membuka situs facebook.com karena penasaran dan ingin mencoba cara memakainya setelah itu saya mencoba membuat email pertama kali di yahoo.com dan akhirnya berhasil. Saya bingung dengan URL yang digunakan, URL adalah sarana untuk menentukan alamat yang akan dipakai untuk mengakses Internet. Contoh dari sebuah URL adalah http://www.wikipedia.co.id/artikel/ensiklopedia.htm dengan penjelasan sebagai berikut :
              1.    Protokol menunjukan jenis protokol yang akan digunakan yaitu http
              2.    Nama host adalah nama host (domain) yang dipanggil yaitu www.wikipedia.co.id
              3.    Path adalah lokasi atau direktori tempat file-file diletakan pada web server
                     yaitu artikel
              4.    Nama file adalah nama file yang dipanggil yaitu ensiklopedia.htm
          Pada URL diatas sub domain yang digunakan adalah .co.id ekstensi tesebut digunakan untuk komersial yang digunakan Indonesia. Jenis-jenis domain yaitu GTLD(Generic Top Level Domain) dan ccTLD’s(Country Coded Top Level Domains).
             1.    GTLD
                    a.  .com digunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
                    b.  .net digunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
                    c.  .org digunakan untuk kepentingan organisasi.
                    d.  .info digunakan untuk kepentingan informasional situs web.
                    e.  .name digunakan untuk kepentingan keluarga atau perorangan.
                    f.  .edu digunakan untuk kepentingan pendidikan
                        (terbatas hanya untuk pendidikan).
                   g.  .mil digunakan untuk kepentingan militer (terbatas hanya untuk militer).
                   h.  .biz digunakan untuk kepentingan bisnis.
                   i.  .tv digunakan untuk entertainment seperti televisi, radio, majalah, dan lain-lain.
                   j.  .travel digunakan untuk kepentingan bisnis pariwisata.
           2.    ccTLD’s untuk Indonesia
                  a.  .or.id  digunakan untuk organisasi.
                  b.  .co.id: digunakan untuk komersial.
                  c.  .go.id: digunakan untuk pemerintahan (khusus pemerintahan dan harus
                      ada izin dari pemerintah bersangkutan).
                 d.  .ac.id: digunakan untuk pendidikan seperti universitas.
                 e.  .sch.id: digunakan untuk sekolah dasar.
                 f.  .net.id: digunakan untuk Internet provider.
                 g.  .web.id: digunakan untuk umum.
Demikian cerita singkat dan beberapa penjelasan tentang internet yang dapat saya berikan. Maaf jika terjadi kesalahan. Saya bukan orang yang sempurna karena itu saya akan mencoba memperbaiki walaupun tidak sampai sempurna. Terimakasih.

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web

Tidak ada komentar: