Breaking

Minggu, 24 April 2016

Perancangan, Skenario, Objek game Pacman

1.         Perancangan
Saya akan mencoba merancang game sederhana yaitu game pacman dimana untuk mempermudah pembuatan sistem diperlukan perancangan struktur menu program yang akan dibangun.
           1.1.Perancangan struktur menu
          program ini membantu dalam merancang bagian-bagian dari sistem yang sebenarnya dan untuk           mengetahui bagian mana yang terlebih dahulu nantinya yang akan diakses setelah program                  tersebut selesai.

1.2.Perancangan Antarmuka Menu Utama
Masuk ke menu utama game menampilkan tiga buah tombol pada layar yang akan dipilih oleh pemain untuk memainkan game langsung atau memilih menu-menu lainya.


2.      SKENARIO GAME PACMAN
Game Pacman mempunyai gameplay yang menarik dimana player harus menghabiskan titik-titik yang tersedia untuk menyelesaikan game ini dan kecerdasan buatan pada tiap musuhnya sudah cukup bagus, namun game ini masih memiliki kekurangan yaitu tidak ada level pada game yang akan saya buat nantinya. Dalam game ini saya menggunakan aplikasi blender untuk membangun objek game tersebut.
Konsep AI pada game yang akan dibangun algoritma A* (A Star) akan diterapkan pada musuh untuk mencari jalan menuju karakter player. Pencarian jalan terpendek pada game ini akan diasumsikan dengan titik awal (musuh) dan titik tujuan (player) dimana titik tujuan bersifat dinamis sehingga akan membuat musuh terus mengejar player dan akan diimplementasikan pada pencarian dalam ruangan yang mempunyai penghalang.
Proses pertama yang dilakukan oleh musuh adalah mencari tahu jalan menuju player, proses yang kedua adalah mencari langkah yang akan diambil kemudian proses selanjutnya adalah mengambil langkah dan apabila langkah menuju player terhalang oleh tembok maka ulangi proses pencarian sampai menemukan jalan terpendek menuju player. Jika musuh sudah mencapai player maka proses pencarian akan selesai lalu nyawa player akan berkurang satu dan waktu akan berhenti kemudian permainan akan berulang sampai nyawa player habis.
2.1.Use case scenario game pacman
2.1.1.      Use Case Scenario Main
Use case scenario main digunakan untuk memulai permainan yang dilakukan oleh pengguna.
                

2.1.2.      Use Case Scenario Instruksi
Digunakan untuk menampilkan instruksi dalam memainkan permainan yang dilakukan oleh pengguna.
                  

2.1.3.      Use Case Scenario Keluar
Use case scenario keluar digunakan untuk keluar dalam aplikasi permainan yang dilakukan oleh pengguna
                  
        3.      Objek game  Pacman
        Salah satu objek game pacman yaitu perancangan labirin untuk penghalang bagi user dan bagi             musuh.
    


Tidak ada komentar: