1.
Perancangan
Saya akan mencoba merancang game
sederhana yaitu game pacman dimana untuk mempermudah pembuatan sistem
diperlukan perancangan struktur menu program yang akan dibangun.
1.1.Perancangan
struktur menu
program
ini membantu dalam merancang bagian-bagian dari sistem yang sebenarnya dan
untuk mengetahui bagian mana yang terlebih dahulu nantinya yang akan diakses
setelah program tersebut selesai.
1.2.Perancangan Antarmuka Menu
Utama
Masuk ke menu utama game menampilkan
tiga buah tombol pada layar yang akan dipilih oleh pemain untuk memainkan game
langsung atau memilih menu-menu lainya.
2. SKENARIO GAME PACMAN
Game Pacman mempunyai gameplay yang
menarik dimana player harus menghabiskan titik-titik yang tersedia untuk
menyelesaikan game ini dan
kecerdasan buatan pada tiap musuhnya sudah cukup bagus, namun game ini masih memiliki kekurangan
yaitu tidak ada level pada game yang akan saya buat nantinya. Dalam game ini
saya menggunakan aplikasi blender untuk membangun objek game tersebut.
Konsep
AI pada game yang akan dibangun algoritma A* (A Star) akan
diterapkan pada musuh untuk mencari jalan menuju karakter player.
Pencarian jalan terpendek pada game ini akan diasumsikan dengan titik
awal (musuh) dan titik tujuan (player) dimana titik tujuan bersifat
dinamis sehingga akan membuat musuh terus mengejar player dan akan diimplementasikan pada
pencarian dalam ruangan yang mempunyai penghalang.
Proses
pertama yang dilakukan oleh musuh adalah mencari tahu jalan menuju player,
proses yang kedua adalah mencari langkah yang akan diambil kemudian proses
selanjutnya adalah mengambil langkah dan apabila langkah menuju player terhalang
oleh tembok maka ulangi proses pencarian sampai menemukan jalan terpendek
menuju player. Jika musuh sudah mencapai player maka proses
pencarian akan selesai lalu nyawa player akan berkurang satu dan waktu
akan berhenti kemudian permainan akan berulang sampai nyawa player habis.
2.1.Use case scenario game pacman
2.1.1.
Use Case Scenario Main
Use
case scenario main
digunakan untuk memulai permainan yang dilakukan oleh pengguna.
2.1.2.
Use Case Scenario Instruksi
Digunakan untuk menampilkan
instruksi dalam memainkan permainan yang dilakukan oleh pengguna.
2.1.3.
Use Case Scenario Keluar
Use case scenario keluar digunakan untuk keluar dalam aplikasi permainan yang dilakukan
oleh pengguna
3. Objek
game Pacman
Salah satu objek game pacman yaitu
perancangan labirin untuk penghalang bagi user dan bagi musuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar