Breaking

Jumat, 14 April 2017

KOMPUTASI MODERN DALAM HAL SISTEM OPERASI, JARINGAN KOMPUTER, KOMUNIKASI DATA

Komputasi Modern dalam hal Sistem Operasi, Jaringan Komputer, dan Komunikasi Data

Dalam hal sistem operasi komputasi modern sebenarnya sudah berkembang dari generasi pertama sampai generasi ke empat, dari mulainya keterbatasan manusia dalam menghitung sampai digunakan untuk jaringan komputer.

Dibawah ini ada perkembangan komputasi dalam sistem Operasi, Jaringan Komputer hingga Komunikasi Data.

1. Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohankekeliruan bahkan kesalahan. Peningkatan komputasi manusia telah dimulai dari sejak awal peradaban manusia seperti merekan dengan tumpukan batu, potongan batang, serta cara mekanis seperti mesin turing. Komputer mekanis mempunyai 2 penyebab kelemahan yaitu kecepatan komputasi dibatasi oleh inersia bagian-bagian yang bergerak dan transmisi informasi alat-alat mekanis praktis, susah dipakai serta tidak andal. 
2. Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS. Jadi generasi komputer kedua ini merupakan generasi pertama dari sistem Operasi. Pada tahun 1964, IBM mengeluarkan komputer keluarga System/360 Komputer S/360 dirancang agar kompatibel secara perangkat keras yang merupakan bagian dari sistem operasi OS/360. System 360 berevolusi menjadi System 370.

3. Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi :
  1. Multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus).
  2. Multi-programming (melayani banyak program sekaligus).
  3. Timesharing ( Yaitu setiap pemakai satu terminal [Online]).
  4. Spooling (Yaitu membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus pada saat yang sama, dapat diakses secara simultan yang menggunakan teknik menyediakan beberapa Pasrtisi memori.
4. Generasi Keempat (1980-2000)
Pada Generasi ini,sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.


 http://cahayacinaga.blogspot.co.id/2017/03/komputasi-modern.html

Tidak ada komentar: